welcome to my blogger

Jumat, 17 Mei 2013

Tips Memperbaiki Cartridge Canon yang Rusak




Cartridge tidak selamanya berfungsi dengan benar, kadang kala cartridge pasti bermasalah atau bahkan rusak. Disini akan dibahas tips untuk memperbaiki cartridge yang bermasalah khususnya untuk cartridge printer Canon dimana cartridge-nya antara head-chip –inktank gabung menjadi menjadi satu. Seperti:

  • Cartridge PG 830 & CL 831  
  • Cartridge PG 810 & CL 811
  • Cartridge PG 40 & CL 41
Gejala penyebab cartridge umumnya ada banyak, namun biasanya kerusakan cartridge canon hanya dua macam yaitu:
  • Rusak head cartridge
  • Rusak Chip Cartridge
Keduanya akan dibahas disini, berikut ulasannya:
1.     Head Cartridge Rusak
Umumnya penyebab Head Cartridge rusak dikarenakan oleh:
·         Penyumbatan akibat tinta yang mengering , sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta saat digunakan proses mencetak.
·         Kotoran atau sering kali debu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta sehingga menyumbat lubang-lubang head.
·         Panas berlebih akibat head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
·         Ujung head tergores akibat benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras. Perlu diketahui bahwa diameter cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan mudah rusak.
Solusi untuk ini yaitu: Head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran misalnya debu yang masuk bercampur tinta. Solusi sebenarnya tergantung kondisi kerusakan head cartridge  dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.
  Penyumbatan Ringan
Lakukan proses cleaning menggunakan software dari bawaan printer, jika masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning menggunakan software bawaan printer juga.
 Penyumbatan Sedang
Dengan menggunakan alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun mudah cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan.
  Penyumbatan Berat
Rendam Head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (bukan sembarang cairan cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampai terkena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit 1 jam bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga menggunakan toolkit penyedot cartridge.
  Penyumbatan Extra Berat
Untuk yang satu ini tidak bisa dijelaskan secara mendetail. Namun, intinya menggunakan printer Canon (yang sudah tidak terpakai/rusak) yang dimodifikasi diambil fungsi vakumnya. Vakum inilah yang akan dimanfaatkan untuk membersihkan penyumbatan pada cartridge, cara kerjanya dengan membuat sirkulasi aliran dengan menggunakan bantuan vakum printer Canon bekas yang telah 
dimodif tersebut. Membuat aliran sirkulasi disini dengan menggunakan cairan cleaner.
2.     Chip Cartridge Rusak

Biasanya Chip yang rusak bisa ditandai dengan pesan-pesan error pada komputer seperti: Unrecognized Cartridge, Not Compatible atau Cartridge belum terpasang yang intinya cartridge rusak harus diganti. Namun disarankan untuk Anda jangan diganti terlebih dahulu, mungkin dengan cara berikut ini bisa membantu:
Penyebabnya bisa jadi adalah:
 Konsleting pada konektor akibat terkena cairan misal tinta.
  Kelebihan arus akibat tegangan listrik yang tidak stabil.
  Kotoran yang melekat chip cartridge.
Namun pada kenyataanya sering sekali kerusakan juga pada cartridge yang sudah habis level tintanya atau yang sudah beberapa kali disuntik refill.
Solusi untuk permasalahan diatas ialah:
  Chip kotor
Bersihkan menggunakan cairan alcohol, usapkan dengan tissue pada bagian konektor Chip yang kotor.
  Chip Rusak
Cara ini terkadang bisa berguna, tingkat keberhasilannya 50:50. Tidak ada salahnya juga untuk dicoba jika masih ada kemungkinan untuk berhasil. Yaitu dengan cara:
•       Gunakan solder dengan ujung yang lancip.
•       Panaskan solder dengan panas sedang.
•      Oleskan FLUX solder pada connector chip, agar kabel flexible chip tidak rusak terkena solder nantinya.
•       Tempelkan ujung lancip solder pada masing-masing konektor chip cartridge selama kurang dari 5 detik. Lakukan dengan hati-hati.
Berikut tadi adalah ulasan tentang tips memperbaiki cartridge Canon yang rusak. Semoga ini bisa menambah wawasan Anda bahkan bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan cartridge Anda.

2 komentar:

  1. lae, gimana kalo cartridgenya rusak karena printer jarang dipakai? Kemarin saya serviskan katanya kena cart 811 dan harus ganti sparepart kena biaya 200ribu + selang 20rb. Apa maksud dari cart 811 dan apakah ad penanganan lain yang tepat agar tidak main ganti saja. Printer saya canon mp287. mohon sarannya..

    BalasHapus